Cartridge adalah benda yang menempel pada printer. Tanpa cartridge maka printer tidak akan berjalan normal. Karena fungsi cartridge adalah benda penting yang berguna untuk menampung tinta yang selanjutnya tinta dialirkan ke head dan terjadilah percetakan. 
 
Cartridge printer merupakan komponen penting yang terdapat di dalam printer inkjet, cartridge dapat diganti atau dilepas, memiliki fungsi sebagai tempat penampungan tinta di dalam printer yang dikeluarkan ke kertas pada saat proses cetak. Cartridge untuk setiap merk printer biasanya berbeda-beda, untuk printer Epson letak cartridge terpisah dengan head printer. 
 
Teknologi yang diterapkan untuk setiap merk printer berbeda-beda, sebagai contoh printer Epson menggunakan teknologi Micro Piezo, yaitu penggunaan cristal khusus yang dinamakan piezoelectric dalam setiap proses printnya. Dalam aplikasinya, cristal ini akan berubah ukuran dan bentuk, sehingga memaksa tinta menghasilkan tetesan tinta yang lebih kecil dengan tingkat kerapatan yang lebih tinggi dari tiap tetesannya, hasilnya adalah printer Epson memiliki hasil cetak warna yang lebih bagus dan tajam dibandingkan printer merk lainnya sehingga printer ini dikenal cocok untuk digital printing dan cetak foto. Teknologi ini yang membuat Epson berbeda dari produsen printer lainnya seperti Canon dan Hewlett-Packard (HP), yang mengandalkan teknologi thermal (panas) untuk printhead printer-nya.
 
CARA KERJA CARTRIDGE INK

Tinta cartridge merupakan komponen penting yang digunakan untuk mencetak berbagai dokumen. Komponen ini dapat diisi ulang atau dapat diganti dengan kartrid baru. Proses pencetakan tidak mungkin terjadi tanpa tinta kartrid. Artikel ini untuk mengetahui tentang tinta kartrid dan bagaimana mereka membantu dalam pencetakan dengan kualitas yang handal untuk hasil print-out.
 
Pada printer inkjet proses dimana tinta kartrid bekerja dengan cara teknis. dengan menemukan partisi dalam tinta kartrid mana reservoir ditempatkan dan ini dipanaskan oleh sepotong logam kecil. Pada saat printer diberikan sinyal ke pencetak, melintasi arus pelat logam, yang menghangatkan logam. Setelah logam dipanaskan tinta di cartridge akan menguap dan akan dikonversi menjadi gelembung kecil. Ini merupakan jalan keluar gelembung dari nosel satu per satu. Gaya ini akan meneteskan tinta ke kertas. Proses ini sangat cepat dan sulit untuk mengambil beberapa milidetik dan proses pencetakan yang terjadi dalam waktu singkat.
 
Proses pencetakan melalui kartrid tinta dapat berlangsung dengan lancar dan cepat hanya jika aliran tinta kartrid melalui jalur yang halus.
 

CARA KERJA CARTRIDGE TONER

Printer Laser biasanya dipakai untuk mencetak tulisan maupun mencetak gambar pada kertas dengan mengirim data dari komputer. Prinsip ilmiah apakah yang dipakai dalam proses penggunanaan printer laser? Kita akan diskusikan misteri ini pada sesi berikut ini
 
  

Prinsip yang dipakai pada printer laser adalah prinsip elektrik statis, permulaannya adalah photoreceptor drum (OPC Drum)diberi muatan positif oleh Primary Charging Roller (PCR), dengan memberikan arus listrik padanya.
Kemudian printer menyorotkan sinar laser yang sangat kecil melewati permukaan photoreceptor drum untuk membentuk image tulisan atau gambar sesuai dengan data yang dikirim oleh komputer, satu garis horizontal pada satu waktu. Sinar laser menyorot kan cahaya pada photoreceptor drum untuk membentuk titik dan mematikan cahaya untuk tempat kosong per halaman. Sinar laser tidak bergerak dengan sendirinya namun sinar laser itu dipantulkan melalui cermin yang bisa bergerak sendiri. Sinar laser ini pasti berhenti pada titik di photoreceptor drum dan membentuk image electrostatic (permukaan drum yang berubah menjadi bermuatan negatif).
Setelah pola image lengkap, toner yang tersimpan di toner hopper (di dalam cartridge) diambil oleh Unit Developer (magnetic sleeve) . Toner yang bermuatan positif melekat pada area photoreceptor drum yang telah membentuk image electrostastik tapi bukan pada area yang bermuatan positif (area yang tidak terkena sinar laser).
Lembar kertas (dengan muatan negative yang kuat) bergerak sepanjang sabuk dan roll diatas drum yang telah dibubuhi serbuk toner yang berpola. Kertas mendorong bubuk toner dari drum untuk berpindah melekat pada kertas sehingga pola image berserbuk toner berpindah pada kertas dan siap untuk difinishing pada fuser.
Toner yang tidak menempel pada kertas dan masih melekat pada OPC Drum akan dihapus oleh Wiper Blade dan kemudian masuk ke dalam Waste Bin
Fuser (Pemanas)
fuser mengeringkan serbuk toner yang telah berbentuk image pada kertas agar kuat melekat pada kertas. Kemudian kertas yang telah tercetak dikeluarkan menuju tray pengeluaran kertas pada printer.
 
 
Laser Scanner Assembly
Laser Scanner biasanya terdiri dari 3 unit bagian :
1. Laser
2. Cermin berputar
3. Lensa
Unit laser menerima data gambar maupun text dari komputer, lalu data tersebut dipancarkan ke drum berupa titik-titik yang membentuk text atau gambar, bertahap secara horizontal pada drum.
 
 
1
×
Ada yang bisa saya bantu ?

HOTLINE 24 JAM